Sabtu, 13 Februari 2010

CSS . . aku ingin mengenalmu !

Kali ini kita akan membahas yang namanya CSS (Cascading Style Sheet), CSS biasanya digunakan untuk mendesain atau mengatur sebuah layout blog atau sebuah web sehingga kalau dipandang mata enak dilihat (waduh . . . . bahasanya tinggi banget)

Oke . . . biasanya CSS diawali dengan tag <style type="text/css"> dan diakhiri dengan </style> dan yang paling penting adalah CSS ditulis diantara <head> dan </head> untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasan dibawah ini


Style rule

Cascading style sheet merupakan kumpulan aturan yang mendefinisikan style dari document. Sebagai contoh kita bisa membuat aturan style yang menentukan bahwa semua <H2> di tampilkan dengan warna orange.



Style sheet

Style sheet dapat dapat di embedded ke HTML document. Atau disebut embedded style sheet. Style sheet juga bisa dibuat sebagai external file dan di link ke document HTML. Style role bisa di kenakan pada bagian tertentu dari web page. Sebagai contoh anda bisa menentukan paragraph tertentu di tampilkan dengan style bold dan italic sementara yang lain tetap seperti biasa.


Selector

selector { property1: value; property2:value, . . .}

H1{ color:green; background-color:orange}
Gimana masih bingung?? Baiklah kita praktek aja langsung silahkan ketikkan kode berikut ke macromedia dreamweaver anda pada bagian kode, bagi yang gak punya dreamweaver pakek notepad aja . . . tapi harus disimpan dengan format html

Misal:

<HTML>

<HEAD>

<STYLE TYPE="text/css">

B { color : lime }

</STYLE>

</HEAD>

<BODY>

P: Mengapa jika kita anggap <B>suatu pekerjaan</B> itu mudah

maka pekerjaan itu akan beneran menjadi<B> lebih mudah</B> ?

<P>

J: Karena itu merupakan <B>sugesti</B> terhadap <B>diri kita sendiri</B>

</BODY>

</HTML>
Bagaimana sudah agak mengerti ?

Baiklah mungkin itu saja dari saya, kita akan bertemu lagi di lain waktu

Wassalam

2 komentar:

  1. link sudah tertancap dengan kuat di Blogroll... silakan dicek Sob...

    BalasHapus
  2. baru mampir ni sobat,,salam persahabatan
    main ke blog saya ya,,

    BalasHapus