Senin, 25 Januari 2010

Salam Kenal Macromedia Dreamweaver

Pepatah mengatakan (emang tau pepatah . . . ) tak kenal maka tak sayang. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Macromedia Dreamweaver, area kerja, tool-nya.
Pertama logo Dreamweaver seperti ini
Dreamweaver merupakan salah satu software pembuat website yang mempunyai banyak sekali kemudahan dalam pengoperasiannya namun juga sangat powerful dalam pembuatan website. Salah satu keunggulannya adalah kemudahannya dalam berinteraksi dengan macromedia flash, sebuah tool animasi yang sangat populer di internet.




Ketika pertama kali membuka program ini akan muncul seperti ini :
Lalu area kerja dreamweaver ketika kita membuka file baru yaitu seperti ini:
Design bekerja layaknya kanvas bagi pelukis. Bagian ini merupakan tempat kita bekerja dalam membentuk sebuah halaman situs. Disini, dengan menggunakan document toolbar kita bisa menampilkan code saja, desain saja atau kedua-duanya
Insert bar membantu kita untuk memasukkan berbagai berbagai elemen-elemen pembentuk halaman web, seperti gambar, script php, simbol-simbol, shockwave, dan lain-lain. Elemen-elemen tersebut direpresentasikan dalam bentuk icon.
Properties menampilkan berbagai property yang dipunyai elemen tertentu. Kita bisa langsung mengubah properti dari elemen tersebut dengan tool ini, misalnya merubah warna text, memberikan background pada elemen tabel, menggabungkan kolom, dan lain-lain.
Panel biasa digunakan untuk menampilkan beberapa fasilitas yang diperlukan untuk mendesain web


2 komentar: